top of page

5 Ciri-Ciri Darah Tinggi


Darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah pada arteri meningkat, tekanan darah tinggi biasa disebut hipertensi atau hipertensi arteri. Tekanan darah tinggi juga terjadi saat tekanan secara terus menerus berkisar 140/90 mmHg atau bisa lebih tinggi lagi dan mampu terus bertambah seiring berjalnnya waktu. Darah tinggi tergolong penyakit atau kondisi medis kronis yang cukup berbahaya, karena dengan terjadinya darah tinggi maka ada banyak dampak dan juga efek yang menyertainya setelah terkena darah tinggi. Tak tanggung-tangung, darah tinggi juga bisa berakibat fatal – mengakibatkan kematian, karena dapat menimbulkan penyakit lain yang lebih berbahaya.


Penyebab Tekanan Darah Tinggi


Garam

Garam yang dikonsumsi dengan jumlah yang terlalu banyak akan menjadi sangat berbahay bagi penderita darah tinggi dan para penderita penyakit jantung. Bagi penderita darah tinggi dan penyakit jantung disarankan agar mampu mengontrol asupan garam yang masuk ke dalam tubuh, asupan yang dimaksud tentu saja memiliki nilai takaran yang berbeda (lebih sedikit) jika dibandingkan dengan orang yang tidak terkena darah tinggi.


Gula

Gula dapat menjadi penyebab terjadinya obesiti. Dan kaitannya dengan darah tinggi adalah bahawa kebanyakan dari penderita darah tinggi adalah mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesiti. Oleh itu pengjagaan kandungan gula yang masuk ke dalam tubuh juga merupakan langkah awal menjaga diri dari tekanan darah tinggi.


Lemak jenuh dan trans

berpotensi meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh kita. Semakin meningkat nya LDL dalam tubuh maka hal tersebut akan memperburuk hipertensi yang terjadi. Adapun contoh makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi adalah: kulit ayam, daging merah (kambing dan sapi), susu full cream, serta mentega. (Baca : Makanan yang mengandung kolesterol tinggi)


Kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi atau dalam minuman dan makanan lain akan menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh. Maka dari itu dinasihatkan untuk para penderita darah tinggi agar dapat mengurangi mengkonsumsi segala jenis minuman dan makanan yang mengandung kafein.


Alkohol

Alkohol sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita darah tinggi, alkohol akan mengakibatkan tidak efektifnya fungsi dari obat tekanan darah yang sedang digunakan. Bahaya alkohol bagi penderita darah tinggi dapat menyebabkan kematian.


Usia

Semakin tua usai seseorang makan akan semakin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi. Mengapa? Karena seiring bertambahnya usia, maka elastisitas pembuluh darah seseorang akan semakin berkurang. Dan hal tersebut akan kearah pada darah tinggi dan berbagai kesan lainnya.


Stress

Stres dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini disebabkan kerana saat stress hormon adrenalin dalam tubuh akan meningkat dan jantung akan mengepam dengan lebih cepat dari normal, dengan terjadinya hal tersebut maka tekanan darah dalam tubuh pun akan meningkat.

Ciri Ciri Darah Tinggi

  • Sakit Kepala atau Pusing

Sakit kepala atau pusing adalah ciri-ciri yang paling umum yang sering dialami oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, terlebih lagi jika penderita memiliki tekanan yang terlampau tinggi. Namun sakit kepala sering kali tidak disedari sebagai ciri-ciri darah tinggi.

  • Mual dan Muntah

Mual dan muntah telah menjadi gejala umum bagi penyakit-penyakit lain. Namun yang perlu kita ketahui bahawa mual dan muntah juga boleh terjadi disebabkan tekanan darah tinggi, biasanya disertai juga dengan pandangan yang berkunang-kunang dan nafas yang singkat dan cepat.

  • Mati Rasa dan Kesemutan

Semakin meningkatnya taraf hipertensi pada pasien, maka akan mengakibatkan mati rasa dan kesemutan. Jika hal ini terjadi maka tingkatkanlah kewaspadaan dan segeralah melakukan pemeriksaan perubatan, kerana ini merupakan gejala awal stroke yang disebabkan oleh hipertensi.

  • Terdapat Titik Darah Pada Mata

Jika kita melihat adanya titik darah pada bahagian mata maka hendaklah kita memeriksa tekanan darah. Hal ini adalah salah satu ciri-ciri dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

P/S :JOM DAPAT KAN PEMERIKSAAN PERCUMA TEKANAN DARAH DI THECLINIC @ARA DAMANSARA..YEE!!BETOOOLL!!!PERCUMAAA!!!TAK PERCAYA ????DATANG SENDIRI KE KLINIK KAMI ATAU HUBUNGI KAMI DI

03 -78865977 UNTUK DAPAT KAN TEMU JANJI!!!



Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page